Kegiatan Sungkeman Pembeda Prosesi Hari Jadi Trenggalek ke-822, Dengan Hari Jadi Sebelumnya

Video 11 Streaming
Berita 138 Berita
Kegiatan 13 Kegiatan
Gallery 6 Foto

Selasa 31 Agustus 2016 Kemarin, Kabupaten Trenggalek menggelar kegiatan prosesi hari jadi ke 822. Prosesi hari jadi ini merupakan acara pemuncak dalam peringatan hari Jadi Trenggalek yang rutin digelar tiap tahunnya. Pusaka-pusaka kabupaten di kirab dari Balai Desa Kamulan dimana tempat diketemukannya prasati Kamulan yang merupakan penentu usia Trenggalek 822, menuju pendopo “Manggala Praja Nugraha”. Pusaka-pusaka ini dikirab oleh Wakil Bupati Trenggalek H. Moch. Nur Arifin dan didampingi beberapa kepala SKPD dilingkup Pemkab. Trenggalek. Tidak seperti prosesi sebelumnya yang telah digelar, prosesi hari jadi ke 822 ini dibuat lebih sakral. Panitia membuat prosesi hari jadi ini seperti prosesi adat di kerajaan. Para prajanggo baik patih dalam hal ini diperankan wabup, hingga senopati atau pejabat-pejabat di lingkup Pemkab Trenggalek melkukan sungkem pangabekti kepada Sinuwun Kanjeng Bupati dalam hal ini Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc. Hal ini dilakukan sebagai wujud pangabekti atau ketawadukan bawahan kepada pimpinannya.

Wakil Bupati H. Moch. Nur Arifin beserta pejabat dilingkup Pemkab. Trenggalek dan beberapa prajurit pembawa pusaka harus (mlaku dodok) jalan jongkok ketika memasuki ruang pendopo untuk menghadap Bupati. Meskipun sulit dilakukan karena fisik beberapa pejabat, namun mereka tetap khidmat melakoninya. Dalam prosesi selain melakukan jalan jongkok Wakil Bupati dan pejabat-pejabat tersebut melakukan sembah sungkem kepada Bupati. Satu persatu pusaka Kabupaten diserahkan Wakil Bupati kepada Bupati untuk disimpan kembali.

Dalam wawancara singkat dengan Wakil Bupati yang juga sutradara seluruh rangkaian kegiatan peringatan hari jadi dan HUT RI menyampaiakan “kenapa prosesi ini kita buat sedikit bebeda lebih sakral, karena kami ingin memberikan contoh ketaatan terhadap pemimpin kita dalam hal ini Bupati. Wujud simbolis semua perangkat satuan daerah yang ada siap mendukung dan mendorong kinerja Bupati untuk memajukan daerah tercinta ini”, ungkapnya.

 

DIPOSKAN : PPID.TRENGGALEKKAB.GO.ID

SUMBER    : http://humassetda.trenggalekkab.go.id


Bagikan:

Permintaan Informasi 486 Unduhan
Download Form »

Kotak Saran

Abdul 25 Feb 2016
Message User Image
Selamat untuk website barunya :) ...
bambang martono 04 Aug 2016
Message User Image
keterbukaan informasi publik.... jozZZ ...
ritma sandi 04 Aug 2016
Message User Image
semoga website PPID semakin bagus... ...
K.rosidah 05 Jul 2017
Message User Image
Apakah ada lowongan kerja bagi lulusan d4 kebidana ...
  • Kotak Saran 23 Sep 2017 Silahkan kirim saran

Link

Website Resmi Trenggalek
http://trenggalekkab.go.id
Transparansi Anggaran
http://trenggalekkab.go.id/transparansi/transparansi1.htm
LPSE Trenggalek
http://lpse.trenggalekkab.go.id/eproc/
SIRUP Trenggalek
https://sirup.lkpp.go.id/sirup/rekapKldi/D192
Humas & Protokol Trenggalek
http://humassetda.trenggalekkab.go.id/