Info PROFIL KECAMATAN

Video 11 Streaming
Berita 155 Berita
Kegiatan 12 Kegiatan
Gallery 6 Foto

PROFIL KECAMATAN

Info | 03 August 2016 | Kecamatan Pule | 538

1.1  Profil Kecamatan

1.1.1        Gambaran Umum Kecamatan

  1. Data Kependudukan

Jumlah Penduduk di Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek sebesar 77.699 jiwa yang tersebar pada 10 desa dengan rincian sebagai mana terdapat dalam tabel terdapat dalam tabel di bawah ini :

TABEL : 1.3

DATA LUAS DESA, JUMLAH PENDUDUK DAN KEPADATAN

NO

DESA

LUAS DESA

(km²)

JUMLAH

PENDUDUK

KEPADATAN PENDUDUK

(jiwa/km²)

1

Sidomulyo

21,02

7.646

364

2

Puyung

14,36

5.109

356

3

Joho

7,82

4.278

547

4

Kembangan

3,78

1.982

524

5

Pakel

5,54

3.222

582

6

Pule

19,02

11.184

588

7

Jombok

15,02

9.531

635

8

Tanggaran

11,18

4.943

442

9

Karanganyar

10,20

5.095

500

10

Sukokidul

7,23

2.956

409

Sumber : Kecamatan dalam angka  2014

Dengan memperhatikan tabel diatas menunjukkan bahwa kepadatan penduduk rata rata  masih dibawah 500 jiwa / km². Hal tersebut menunjukkan bahwa di Kecamatan Pule masih tersedia lahan yag cukup untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengelolaan sumber daya pertanian dan perkebunan serta  perumahan. 

Sektor pertanian dan perkebunan masih menjadi primadona dikecamatan Pule disamping sektor perdagangan, mengingat secara geografis Kecamatan pule terletak di wilayah pegunungan yang cukup subur dan sangat potensial. Hal tersebut dapat dilihat dari mata pencaharian masyarakat Kecamatan Pule yang sebagian Besar bergerak di bidang pertanian.                                  

  1. Mata Pencaharian penduduk

Masyarakat di Kecamatan Pule memiliki mata pencaharian yang sangat variatif meskipun bidang pertanian masih mendominasi bidang pekerjaan masyarakat.  Antara lain ada yang bermata pencaharian sebagai tukang batu, tukang kayu, pemilik usaha jasa transportasi, pemilik usaha warung, rumah makan dan restoran, pembantu rumah tangga, sopir, usaha jasa pengerah tenaga kerja, jasa penyewaan peralatan pesta, salon kecantikan, pegawai negeri, TNI dan Polri. Adapun gambaran  mata pencaharian

penduduk Kecamatan Pule sebagaimana terangkum dalam tabel berikut ini.

TABEL : 1.4

MATA PENCAHARIAN PENDUDUK

NO

JENIS

BANYAK USAHA

1

Pertanian

13.774

2

Buruh Tani

19.976

3

Pertambangan, penggalian

88

4

Industri

1.148

5

Listrik, gas, dan air bersih

1

6

Konstruksi

13

7

Perdagangan, Hotel, Restoran

3.424

8

Pengangkutan, Pos, Telekomunikasi

64

9

Bank, Lembaga keuangan bukan bank dan jasa Perusahaan

13

10

Jasa – jasa

2.237

Sumber : Data Petugas BPS Kecamatan Pule

1.1.2        Kondisi Sosial Budaya

  1. Keagamaan

Sebagian besar penduduk Kecamatan Pule memeluk agama Islam.  Pemeluk Agama Islam di Kecamatan Pule memiliki lembaga yang cukup beragam.  Lembaga lembaga keagamaan tersebut antara lain Nahdhotul Ulama (NU) yang memiliki anggota paling banyak, disusul dengan Muhammadiyah, urutan selanjutnya adalah LDII, Wahidiyah dan MTA (Majelis Tafsir Al Qur’an).  Masing- masing lembaga hidup rukun dan berdampingan berkat adanya pembinaan intensif kepada masyarakat oleh anggota Muspika Kecamatan Pule.

Disamping itu kerukunan masyarakat yang memiliki perbedaan kelembagaan keagamaan juga didukung sepenuhnya oleh Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) yang masih eksis di kecamatan Pule.  Masing masing pimpinan lembaga mengadakan penandatanganan nota kesepahaman untuk saling menjaga kerukunan dan kedamaian di Kecamatan Pule.

Untuk mendukung pelaksanaan peribadatan bagi umat muslim di Kecamatan Pule telah berdiri masjid dan mushola sebagaimana tersebut dalam tabel dibawah ini:

 

 

Tabel: 1.5

Jumlah Masjid dan Mushola di Kecamatan Pule

NO

DESA

MASJID

LANGGAR/MUSHOLA

 

Sidomulyo

15

15

 

Puyung

8

17

 

Joho

12

15

 

Kembangan

8

6

 

Pakel

7

9

 

Pule

42

29

 

Jombok

24

17

 

Tanggaran

9

15

 

Karanganyar

13

16

 

Sukokidul

10

9

JUMLAH

148

148

Sumber : Kantor Urusan Agama

Dari data diatas terlihat bahwa fasilitas tempat beribadah bagi umat muslim di tiap tiap desa sudah ada dengan jumlah yang cukup memadai.  Namun demikian dari segi kualitas masih banyak tempat ibadah yang kondisinya kurang layak terutama penyediaan air bersih masih belum maksimal.  Hal itu disebabkan karena di beberapa wilayah di Kecamatan Pule masih ditemukan wilayah yang keulitan mendapatkan air bersih terutama di musim kemarau. Tempat peribadatan yang tersedia di kecamatan pule hanya untuk umat muslim karena  pemeluk agama lain tidak ada atau dengan kata lain mayoritas masyarakat di Kecamatn pule beragama Islam.

  1. Organisasi Sosial Kemasyarakatan

Organisasi sosial kemasyarakatan di kecamatan pule tidak begitu signifikan keberadaannya disamping jumlahnya juga sangat terbatas.  Namun demikian masih ada beberapa organisasi Sosial Kemasyarakatan memiliki kontribusi positif bagi pengembangan kecamatan Pule

  1. Potensi Sumber Daya Alam

Potensi Sumber daya alam di kecamatan Pule sebagai berikut:

Daftar Potensi Pertambangan  di Kecamatan Pule

Tabel : 1.6

Potensi Tambang di Kecamatan Pule

NO

JENIS TAMBANG

LOKASI

1

EMAS

JOMBOK

2

BATU KAOLIN

JOHO, PAKEL, PUYUNG

3

BATU KORAL

TANGGARAN,PULE, KARANGANYAR, KEMBANGAN

4

BATU MULIA

TANGGARAN, PULE, KARANGANYAR

5

BATU MARMER

SIDOMULYO

6

BATU BARA

SUKOKIDUL, PUYUNG

Sumber : Kecamatan Dalam Angka tahun 2014

Kondisi potensi tambang di wilayah Kecamatan Pule saat ini belum dikelola dengan baik karena belum ada inventor yang tertarik dengan komoditas tersebut.  Disamping itu letak bahan bahan tambang tersebut tidak di tanah penduduk melainkan kebanyakan berada di tanah perhutani.  Kondisi tersebut mengakibatkan para investor enggan untuk mengeksploitasi sumber daya tambang yang berada di lokasi perhutani karena proses perijinannya yang berbelit belit.

Disamping itu wilayah kecamatan pule juga memiliki potensi yang cukup menjanjikan di bidang pertanian yaitu sayuran organik, tanaman janggelan dan tanaman nilam.  Ketiga tanaman tersebut sangat cocok dikembangkan di Kecamatan pule karena secara geografis berada diketinggian yang sesuai dengan karakteristik tanaman tersebut.

Kendalanya untuk pengolahan pasca panen tanaman janggelan belum tersedia di wilayah kecamatan pule. Sehingga  menyebabkan pemasarannya berupa tanaman janggelan kering harus ke luar kota yaitu ke Wonogiri, Ponorogo, dan mojokerto .  Dampaknya harga jual tanaman Janggelan tidak kompetitif karena dipermainkan para bakul.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka di kecamatan pule melalui program PKKPM yang menyasar 500 RTSM dengan besar bantuan dari Pemerintah Pusat sebesar 3 Milyar maka sebagian akan dipergunakan untuk mengembangkan janggelan.  Yaitu dengan mengalokasikan untuk membangun gudang pengepakan janggelan untuk ekspor, pelatihan pengolahan janggelan untuk makanan dan pembelitan peralatan untuk proses pengepakan.

Disamping itu potensi di kecamatan pule yang bisa dipergunakan untuk mengembangkan destinasi wisata adalah adanya air terjun “ Sonngo Langit, Embung Tambong dan wisata candi gunung jompong. Obyek obyek wisata tersebut kondisinya masih alami belum tersentuh inovasi.  Untuk mengenalkan potensi wisata tersebut seringkali dilaksanakan event event ditempat tersebut. Antara lain mancing bareng di embung ambong, melukis diatas kain 500 meter oleh paud

1.1.3        Kelembagaan Kecamatan

  1. Struktur Organisasi Kecamatan

 

CAMAT

EDIF HAYUNAN.S

 

SEKCAM

RUDIYANTO

 

KASUBBAG UMUM DAN

KEPEGAWAIAN

SITI INDIYAH

 

KASUBBAG  ERENCANAAN DAN KEUANGAN

ENY SUKAWATI

 

KASI PEMT

AGUS SUSWANTO

 

KASI TRANTIBUM

SUBROTO

 

KASI EKBANG

SUNARYO

 

KASI KESRA

SITI CHOLIFAH

 

JABATAN FUNGSIONAL

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Struktur Organisasi sebagaimana tersebut diatas telah terisi dengan semua pejabat struktural sesuai dengan kebutuhan.  Namun demikian dari unsur staf ( jabatan fungsional umum ) masih sangat kurang.  Terutama mengacu pada pemenuhan kebutuhan untuk melaksanakan Paten masih sangat kurang.  Hal ini menyebabkan pelaksanaan Tupoksi tidak maksimal karena masih ditemui banyak staf yang merangkap tugas tugas diluar tupoksinya.

Permasalahan lainnya adalah dalam hal penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai yang sulit dirumuskan sesuai dengan kegiatan yang senyatanya dilaksanakan dan yang seharunya dilaksanakan.  Karena seringkali staf melaksanakan tugas diluar tupoksinya sehingga sulit dimasukkan pada capaian tupoksi yang telah ditetapkan. Adapun kondisi jumlah personil kecamatan Pule sebagaimana tersebut pada tabel berikut ini.

Tabel : 1.7

Nama – Nama Karyawan Kecamatan Pule keadaan s/d September 2015

no

nama

jabatan

pendidikan

1

Edif Hayunan Siswanto,S.Sos.M,Si

Camat

Pasca sarjana

2

Rudiyanto, S.Sos M.Si

Sekcam

Pasca Sarjana

3

Siti Cholifah, S.Sos

Kasi Kesra

Sarjana

5

Subroto, S.Sos

Kasi Trantib

Sarjana

6

Drs. Agus Suwanto

Kasi Pemt

Sarjana

7

Sunaryo,S.Sos

Kasi Ekobang

Sarjana

8

Eny Sukowati,Spt. M.Si

Kasubag Peren

Pasca Sarjana

9

Siti Indiyah, A,MaPd

Kasubag Umum

Diploma

10

Dolog Subiantoro,SH

PD Kesra

Sarjana

11

Setyowati, S.sos

PD Pemerintahan

Sarjana

12

Nunik Mumpuni

PD kepegawaian

Sarjana

13

Lamin

PD umum

SLTA

14

Sarni

PD Perencanaan

SLTA

15

Edy Suwanto

PD Trantib

SLTA

16

Nurhaji manis

PD Ekobang

SMP

 

Dari Tabel diatas terlihat bahwa dari sisi pendidikan karyawan kecamatan Pule rata rata adalah sarjana bahkan ada tiga personil lulusan Pasca Sarjana. Ini menunjukkan bahwa dari segi kualitas sangat baik namun dari sisi kuantitas masih sangat jauh dari cukup.  Untuk mengatasi kekurangan personil, mengingat saat ini Pemerintah sedang memberlakukan Moratorium penerimaan CPNS maka diangkatlah petugas penunjang kegiatan yang ditempatkan pada pelayanan dan penjaga kantor.

  1. Prestasi Kecamatan/Camat

Beberapa prestasi yang pernah di raih oleh Kecamatan Pule sebagaimana piagam terlampir antara lain :

  1. Juara Favorit Devile Upacara Pembukaan PORKAB I
  2. Juara II Pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kecamatan Tahun 2014
  3. Juara V Lomba Cipta Kampung Aman Tahun 2015
  4. Juara I pelaksanaan Musrenbangcam mendapatkan anugerah PANGRIPTA JWALITA PRATAMA

 

 


Bagikan:

Permintaan Informasi 677 Unduhan
Download Form »

Kotak Saran

Abdul 25 Feb 2016
Message User Image
Selamat untuk website barunya :) ...
bambang martono 04 Aug 2016
Message User Image
keterbukaan informasi publik.... jozZZ ...
ritma sandi 04 Aug 2016
Message User Image
semoga website PPID semakin bagus... ...
K.rosidah 05 Jul 2017
Message User Image
Apakah ada lowongan kerja bagi lulusan d4 kebidana ...
  • Kotak Saran 21 Nov 2017 Silahkan kirim saran

Link

Website Resmi Trenggalek
http://trenggalekkab.go.id
Transparansi Anggaran
http://trenggalekkab.go.id/transparansi/transparansi1.htm
LPSE Trenggalek
http://lpse.trenggalekkab.go.id/eproc/
SIRUP Trenggalek
https://sirup.lkpp.go.id/sirup/rekapKldi/D192
Humas & Protokol Trenggalek
http://humassetda.trenggalekkab.go.id/