Berita Peringatan HUT RI ke-72 Warga Binaan Rutan Trenggalek dapat Remisi

Video 11 Streaming
Berita 155 Berita
Kegiatan 12 Kegiatan
Gallery 6 Foto

TRENGGALEK, DISKOMINFO - Usai melaksanakan serangkaian acara peringatan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di 2 lokasi, Taman Makan Pahlawan dan Pendhapa.  Rombongan Bupati Trenggalek beserta jajaran Forkopimda mengunjungi Rumah Tahanan Kelas II B Trenggalek untuk secara simbolis menyerahkan SK Remisi kepada 107 warga binaan Rutan Trenggalek, Kamis (17/8). Pemberian SK remisi atau pengurangan masa tahanan dari Kemenkumham untuk 107 warga binaan tersebut telah sesuai dengan amanat Undang-Undang tentang hak-hak narapidana sebagaimana telah diatur dalam UU Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan. 

 
Adapun remisi umum kategori I yang diberikan kepada 103 warga binaan tersebut dengan rincian, remisi 1 bulan sebanyak 42 orang, remisi 2 bulan 19 orang, remisi 3 bulan 31 orang, remisi 4 bulan 10 orang, remisi 5 bulan 1 orang.  Sementara itu untuk remisi umum kategori II diberikan kepada 4 orang.
 
Rutan Kelas IIB Trenggalek memiliki kapasitas tampung sebanyak 208 warga binaan, sementara itu saat ini jumlah warga binaan yang ada didalamnya masih 199 orang.  Dengan kondisi yang sedemikian maka bisa disebut Rutan Trenggalek belum over kapasitas, warga binaan yang ada didalam juga mendapatkan berbagai pembinaan kepribadian dan kerohanian meliputi membaca Alquran, Shalat dan fiqih, shalat jamaah siang hari khususnya duhur dan ashar, puasa, pondok pesantren,  dan juga wawasan kebangsaan serta perpustakaan.
 
Bupati Trenggalek Dr.Emil Elestianto Dardak yang memberikan sambutan saat penyerahan SK remisi mengatakan bahwa esensi kemerdekaan berarti luas, khususnya bagi para warga binaan justru mereka dapat terhindar dan merdeka dari hal-hal negatif yang membawa mereka masuk kedalam rutan.
 
"Marilah kita maknai sebagai hari yang spesial, apakah berada disini (Rutan) ini artinya kemerdekaan direnggut ? bukan itu esensinya.  Justru harapannya kita memerdekakan diri kita dari hal-hal yang membawa kita kesini sebelumnya itu tadi," ungkapnya.
 
"Makanya tadi pada saudaraku, selamat kembali ke masyarakat. Dari pesan Pak Wabup tadi adalah jangan kemudian setelah keluar dari sini terus saya merasa punya stempel.  Kembali seutuhnya, merdekanya bukan soal keluar, merdekanya itu justru bahkan saat ada disini bisa disebut merdeka dari hal-hal dari masalah yang dulu membawa panjenengan kesini," imbuhnya.
 
Usai acara penyerahan SK, rombongan Bupati dan Forkopimda meninjau program yang tengah dilakukan oleh pengelola lapas, salah satunya adalah pembinaan dalam bidang pertanian.  Didalam lapas, petugas memberikan pelatihan bercocok tanam bagi warga binaan sebagai bekal saat mereka kembali ke masyarakat nanti.

Bagikan:

Permintaan Informasi 677 Unduhan
Download Form »

Kotak Saran

Abdul 25 Feb 2016
Message User Image
Selamat untuk website barunya :) ...
bambang martono 04 Aug 2016
Message User Image
keterbukaan informasi publik.... jozZZ ...
ritma sandi 04 Aug 2016
Message User Image
semoga website PPID semakin bagus... ...
K.rosidah 05 Jul 2017
Message User Image
Apakah ada lowongan kerja bagi lulusan d4 kebidana ...
  • Kotak Saran 21 Nov 2017 Silahkan kirim saran

Link

Website Resmi Trenggalek
http://trenggalekkab.go.id
Transparansi Anggaran
http://trenggalekkab.go.id/transparansi/transparansi1.htm
LPSE Trenggalek
http://lpse.trenggalekkab.go.id/eproc/
SIRUP Trenggalek
https://sirup.lkpp.go.id/sirup/rekapKldi/D192
Humas & Protokol Trenggalek
http://humassetda.trenggalekkab.go.id/