Kegiatan Kabupaten Trenggalek Genap Usia 822

Video 11 Streaming
Berita 138 Berita
Kegiatan 13 Kegiatan
Gallery 6 Foto

Kabupaten Trenggalek Genap Usia 822

Kegiatan | 06 September 2016 | Admin | 179

Trenggalek merupakan suatu Kabupaten yang terletak di Selatan Barat Daya Provinsi Jawa Timur. 31 Agustus kemarin usia Kabupaten yang dipimpin Bupati Trenggalek Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc genap 822 tahun. Angka 822 ini merujuk pada prasasti Kamulan, yang disebutkan Trenggalek merupakan tanah perdikan. Peringati Hari Jadi ke-822 ini pemerintah daerah selalu menggelar prosesi adat yang rutin digelar tiap tahun. Banyak acara digelar hampir sebulan penuh, puncaknya pada tanggal 31 Agustus ditandai dengan resepsi hari jadi, pagelaran wayang kulit dan pesta kembang api. Resepsi hari jadi ini dimulai sejak malam menjelang tanggal 31 Agustus 2016 dengan diawali malam tirakatan disertai pengajian. Pada malam tirakatan ini pusaka-pusaka Kabupaten yang berjumlah 7 pusaka, salah satunya 2 tombak Korowelang di labuh dari Pendopo “Manggala Praja Nugraha” menuju balai Desa Kamulan Durenan.

Di balai desa ini tujuh pusaka ini diinapkan semalam disana yang diiringi dengan pengajian tirakatan disana. Setelah diinapkan pusaka-pusaka ini dikirab dari Kamulan menuju Pendopo Trenggalek, oleh Maha Patih Trenggalek yang dalam acara ini diperankan oleh Wakil Bupati Trenggalek H. Moch. Nur Arifin. Dari Kamulan pusaka pusaka ini di kirab menggunakan kendaraan terbuka, menuju jalan Ronggo Warsito depan SMPN 5 Trenggalek. Dari titik ini pusaka-pusaka ini dikirab menggunakan kereta kencana menuju Pendopo Trenggalek, melalui rute pawai yang biasa dilakukan. Di depan Tugu Garuda kirab pusaka ini dilanjutkan dengan jalan kaki mengitari Alon-alon Trenggalek dan masuk kedalam areal Pendopo. Didepan iring-iringan para punggawa membawa foto-foto Bupati Trenggalek yang pernah menjabat, baru dibelakangnya Wakil Bupati dilanjutkan pusaka-pusaka kadipaten.

Pusaka-pusaka ini diserahkan langsung oleh Wakil Bupati H. Moch. Nur Arifin kepada Bupati Trenggalek Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc yang sudah menanti di singgasana di pendopo “Manggala Praja Nugraha” untuk kembali disimpan. Prosesi hari jadi ini dikemas dengan upacara adat keraton yang sangat sakral.

Pada kesempatan tersebut, Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc Bupati Trenggalek menyatakan sangat menarik, ini merupakan prosesi hari jadi yang pertama kali saya ikuti. Dengan upacara adat yang sangat sakral, tadi merupakan suatu adat budaya yang perlu untuk dipertahankan dan dilestarikan kedepannya”, punkas Bupati usai kegiatan.

 

diposkan : ppid.trenggalekkab.go.id

Sumber   : http://humassetda.trenggalekkab.go.id


Bagikan:

Permintaan Informasi 486 Unduhan
Download Form »

Kotak Saran

Abdul 25 Feb 2016
Message User Image
Selamat untuk website barunya :) ...
bambang martono 04 Aug 2016
Message User Image
keterbukaan informasi publik.... jozZZ ...
ritma sandi 04 Aug 2016
Message User Image
semoga website PPID semakin bagus... ...
K.rosidah 05 Jul 2017
Message User Image
Apakah ada lowongan kerja bagi lulusan d4 kebidana ...
  • Kotak Saran 23 Sep 2017 Silahkan kirim saran

Link

Website Resmi Trenggalek
http://trenggalekkab.go.id
Transparansi Anggaran
http://trenggalekkab.go.id/transparansi/transparansi1.htm
LPSE Trenggalek
http://lpse.trenggalekkab.go.id/eproc/
SIRUP Trenggalek
https://sirup.lkpp.go.id/sirup/rekapKldi/D192
Humas & Protokol Trenggalek
http://humassetda.trenggalekkab.go.id/