Top Menu Tugas dan Fungsi

Video 11 Streaming
Berita 162 Berita
Kegiatan 12 Kegiatan
Gallery 6 Foto

Tugas dan Fungsi

Top Menu | 11 October 2017 | Admin | 262

TUGAS DAN FUNGSI KEPALA :

Berdasarkan Peraturan Bupati Trenggalek No. 24 Tahun 2017 tentang Penjabaran Tugas Dinas Komunikasi dan Informatika, Kepala Dinas mempunyai tugas:

  1. menyusun rencana program kerja tahunan dan lima tahunan Dinas;
  2. merumuskan dan menetapkan kebijakan teknis dibidang komunikasi dan informatika, persandian dan statistik sektoral;
  3. mengoordinasikan pelaksanaan program dibidang komunikasi dan informatika, persandian dan statistik sektoral;
  4. menyelenggarakan urusan pemerintahan dan pelayanan umum dibidang komunikasi dan informatika, persandian dan statistik sektoral;
  5. melaksanakan pembinaan dan melaksanakan tugas dibidang komunikasi dan informatika, persandian dan statistik sektoral;
  6. mengelola pendapatan asli Daerah sesuai fungsi Dinas;
  7. mengelola kawasan tertentu yang ditetapkan dengan Keputusan Bupati;
  8. melaksanakan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas Dinas; dan
  9. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan langsung sesuai dengan tugas dan fungsinya

 

TUGAS DAN FUNGSI SEKRETARIS :

Berdasarkan Peraturan Bupati Trenggalek No. 24 Tahun 2017 tentang Penjabaran Tugas Dinas Komunikasi dan Informatika, Sekretariat mempunyai tugas:

  1. merencanakan kebijakan operasional pada Sekretariat berdasarkan kebijakan umum Kepala Dinas dan rencana strategis Dinas sebagai pedoman kerja;
  2. mengoordinasikan program pelayanan administrasi perkantoran, peningkatan sarana dan prasarana aparatur serta pengembangan sistem perencanaan, pelaporan kinerja dan keuangan antar bidang;
  3. menyiapkan bahan perumusan kebijakan tentang program pelayanan administrasi perkantoran, peningkatan sarana dan prasarana aparatur serta pengembangan sistem perencanaan, pelaporan kinerja dan keuangan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas;
  4. mengoordinasikan penyusunan bahan pemberitaan yang berkaitan dengan kebijakan Kepala Dinas dan kegiatan Dinas, mendokumentasikan berita dan penyelenggaraan hubungan masyarakat;
  5. melaksanakan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas Sekretariat; dan
  6. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan langsung sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

TUGAS DAN FUNGSI BIDANG :

Berdasarkan Peraturan Bupati Trenggalek No. 24 Tahun 2017 tentang Penjabaran Tugas Dinas Komunikasi dan Informatika di bidang-bidang Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Trenggalek memiliki tugas  pokok dan fungsi sebagai berikut :

 

Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik

Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik mempunyai tugas :

  1. menyusun program kerja Bidang pengelolaan informasi dan komunikasi publik sebagai penjabaran rencana strategis Dinas;
  2. menyiapkan bahan perumusan kebijakan Pemerintah Daerah dibidang pengelolaan informasi dan komunikasi publik;
  3. merumuskan petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan dibidang pengelolaan informasi dan komunikasi publik;
  4. melaksanakan program kerja dan kegiatan Bidang pengelolaan informasi dan komunikasi publik;
  5. melaksanakan pembinaan dan pengawasan pelaksanaan dibidang pengelolaan informasi dan komunikasi publik;
  6. melasksankan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas Bidang pengelolaan informasi dan komunikasi publik; dan
  7. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh  atasan langsung sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Bidang Infrastruktur dan Aplikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi

Bidang Infrastruktur dan Aplikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi mempunyai tugas :

  1. menyusun program kerja Bidang Infrastruktur dan aplikasi teknologi informasi dan komunikasi sebagai penjabaran rencana strategis Dinas;
  2. menyiapkan bahan perumusan kebijakan Pemerintah Daerah di Bidang infrastruktur dan aplikasi teknologi informasi dan komunikasi;
  3. merumuskan petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan dibidang infrastruktur dan aplikasi teknologi informasi dan komunikasi;
  4. melaksanakan program kerja dan kegiatan dibidang infrastruktur dan aplikasi teknologi informasi dan komunikasi;
  5. melaksanakan pembinaan dan pengawasan pelaksanaan dibidang infrastruktur dan aplikasi teknologi informasi dan komunikasi;
  6. melaksanakan monitoring, evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan tugas Bidang infrastruktur dan aplikasi teknologi informasi dan komunikasi; dan
  7. melaksankan tugas lain yang diberikan oleh atasan langsung sesuai dengan tugas dan fungsinya;

 

Bidang E-goverment dan Statistik

Bidang E-goverment dan Statistik mempunyai tugas :

  1. menyusun program kerja Bidang e-goverment dan statistik sektoral sebagai penjabaran rencana strategis Dinas;
  2. menyiapkan bahan perumusan kebijakan Pemerintah Daerah Bidang e-goverment dan statistik sektoral;
  3. merumuskan petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan di bidang e-goverment dan statistik sektoral;
  4. melaksanakan program kerja dan kegiatan di bidang e-goverment dan statistik sektoral;
  5. melaksanakan pembinaan dan pengawasan pelaksanaan di bidang e-goverment dan statistik sektoral;
  6. melaksanakan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanakan tugas bidang e-goverment dan statistik sektoral;
  7. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan langsung sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

 

TUGAS DAN FUNGSI BAGIAN / SUB BIDANG

 

 

Sekretariat

 

Sub Bagian umum dan kepegawaian

 Sub Bagian umum dan kepegawaian mempunyai tugas :

  1. menyiapkan bahan dan menyusun rencana kegiatan Sub Bagian umum dan kepegawaian sebagai acuan kerja;
  2. menyiapkan bahan koordinasi teknis dengan unit kerja lain terkait dengan kegiatan Sub Bagian umum dan kepegawaian;
  3. menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis tentang kegiatan Sub Bagian dan kepegawaian untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas;
  4. mengelola dan mendistribusikan kebutuhan perlengkapan dan peralatan kantor;
  5. menyiapkan bahan pemberitaan yang berkaitan dengan kebijakan Kepala Dinas dan kegiatan Dinas serta mendokumentasikan berita;
  6. melaksanakan pelayanan administrasi umum, urusan rumah tangga, urusan surat menyurat dan keterlaksanaan serta kepegawaian Dinas;
  7. menyiapkan bahan pembinaan dibidang umum dan kepegawaian Dinas;
  8. melaksanakan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas Sub Bagian umum dan kepegawaian ; dan
  9. melaksanakan tugas lain yang memberikan oleh atasan langsung sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Sub Bagian Keuangan, Perencanaan dan Pelaporan

Sub Bagian keuangan, perencanaan dan pelaporan mempunyai tugas :

 

  1. menyiapkan bahan dan menyusun rencana kegiatan Sub Bagian keuangan, perencanaan dan pelaporan sebagai acuan kerja;
  2. menyiapkan bahan koordinasi teknis dengan unit kerja lain terkait dengan kegiatan Sub Bagian keuangan, perencanaan dan pelaporan;
  3. merumuskan kebijakan teknis tentang kegiatan Sub Bagian keuangan, perencanaan dan pelaporan untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas;
  4. menyiapkan bahan pembinaan dibidang pengelolaan keuangan Dinas;
  5. menyusun bahan perencanaan dan pelaporan Dinas;
  6. melaksanakan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas Sub Bagian keuangan, perencanaan dan pelaporan; dan
  7. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan langsung sesuai dengan tugas dan fungsinya;

 

Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik

Seksi Pengelolaan Opini dan Aspirasi Publik

Seksi pengelolaan opini dan aspirasi publik mempunyai tugas :

 

  1. menyusun rencana kegiatan Seksi pengelolaan opini dan aspirasi publik;
  2. menyiapkan data sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan Seksi pengelolaan opini dan aspirasi publik;
  3. menyiapkan bahan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis pengelolaan opini dan aspirasi publik;
  4. melaksanakan pengelolaan opini dan aspirasi publik di lingkup Pemerintah Daerah;
  5. melaksanakan monitoring isu publik di media masa dan media social;
  6. melaksanakan pengumpulan pendapat umum (survey dan jajak pendapat)
  7. melaksanakan pengelolaan dan layanan pengaduan masyarakat;
  8. melaksanakan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas Seksi pengelolaan opini dan aspirasi publik; dan
  9. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan langsung sesuai tugas dan fungsinya.

 

Seksi Pengelolaan Informasi

Seksi pengelolaan informasi mempunyai tugas :

 

  1. menyusun rencana kegiatan Seksi pengelolaan informasi;
  2. menyiapkan data sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan Seksi pengelolaan informasi;
  3. menyiapkan bahan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis pelaksanaan pengelolaan informasi;
  4. melaksanakan pelayanan pemantauan tema komunikasi publik lintas sektoral lingkup nasional dan Pemerintah Daerah;
  5. melaksanakan pengelolaan dan analisis   data informasi untuk mendukung komunikasi publik lintas sektoral lingkup nasional dan Daerah;
  6. melaksanakan pengolahan informasi untuk mendukung komunikasi publik lintas sektoral lingkup nasional dan Daerah;
  7. melaksanakan monitoring, evaluasi dan penyusun laporan pelaksanaan tugas Seksi pengelolaan informasi; dan
  8. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan langsung sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Seksi Pengelolaan Komunikasi Publik

Seksi pengelolaan komunikasi publik mempunyai tugas :

 

  1. menyusun rencana kegiatan Seksi pengelolaan komunikasi publik;
  2. menyiapkan data sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan Seksi pengelolaan komunikasi publik;
  3. menyiapkan bahan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis pelaksanaan komunikasi publik;
  4. melasksanakan pengelolaan komunikasi publik dan citra positif Pemerintah Daerah;
  5. melaksanakan pengemasan ulang konten nasional menjadi konten local;
  6. pembuatan konten local;
  7. pengelolaan saluran komunikasi publik milik Daerah/media internal;
  8. melaksanakan diseminasi informasi kebijakan melalui media Pemerintah Daerah dan non Pemerintah Daerah;
  9. melaksanakan pengelolaan hubungan dengan media (media relations)
  10. menyediakan bahan komunikasi bagi pimpinan daerah (briefing notes, press release, backgrouders) di Daerah ;
  11. melaksanakan monitoring, evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan tugas Seksi pengelolaan komunikasi publik; dan
  12. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan langsung sesuai dengan tugas dan fungsinya;

 

Bidang Infrastruktur dan Aplikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi

 

Seksi Layanan Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi

Seksi layanan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi mempunyai tugas:

  1. menyusun rencana kegiatan Seksi layanan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi;
  2. mengumpulkan dan menganalisa data sebagai bahan koordinasi dan pembinaan operasional Seksi layanan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi;
  3. menyiapkan data sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan Seksi layanan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi;
  4. menyiapkan bahan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis pelaksanaan layanan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi;
  5. menyelenggarakan layanan pengembangan dan penyelenggaraan data center (DC) dan disaster recovery center (DRC);
  6. menyelenggaraan layanan pengembangan dan inovasi teknologi informasi dan komunikasi dalam implementasi e-goverment;
  7. menyelenggarakan layanan goverment cloud computing;­
  8. menyelenggarakan layanan pengelolaan akses internet pemerintah dan publik;
  9. menyelenggarakan layanan filtering konten negartif;
  10. menyelenggarakan layanan interakoneksi jaringan intra pemerintah;
  11. menyelenggarakan layanan pengelolaan jaringan telekomunikasi di Daerah;
  12. melaksanakan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas Seksi layanan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi; dan
  13. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan langsung sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

 

Seksi Pengembangan Dan Pengelolaan Aplikasi Informasi Dan Komunikasi

Seksi pengembangan dan pengelolaan aplikasi informasi dan komunikasi mempunyai tugas :

 

  1. menyusun rencana kegiatan Seksi pengembangan dan pengelolaan aplikasi teknologi informasi dan komunikasi;
  2. mengumpulkan dan menganalisa data sebagai bahan koordinasi dan pembinaan operasional Seksi pengembangan dan pengelolaan aplikasi teknologi informasi dan komunikasi;
  3. menyiapkan data sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan Seksi pengembangan dan pengelolaan aplikasi teknologi informasi dan komunikasi;
  4. menyiapkan bahan petunjuak pelaksanaan dan petunjuk teknis pelaksanaan pengembangan dan pengelolaan aplikasi teknologi informasi dan komunikasi;
  5. menyelenggarakan layanan pengembangan aplikasi pemerintahan dan pelayanan publik yang terintegrasi;
  6. menyelenggarakan layanan pemerintahan aplikasi kepemerintahan dan publik;
  7. menyiapkan bahan penetapan standart format data dan informasi;
  8. layanan recovery data dan informasi;
  9. layanan pengelolaan data elektronik pemerintahan dan non pemerintahan;
  10. layanan interoperabilitas;
  11. layanan interkoneksivitas layanan publik dan pemerintahan;
  12. layanan pusat applicatian program interface (API) daerah;
  13. melaksanakan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas Seksi pengembangan dan pengelolaan aplikasi teknologi dan komunikasi; dan
  14. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan langsung sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Seksi Keamanan Informasi Dan Persandian

Seksi keamanan informasi dan persandian mempunyai tugas;

  1. menyusun rencana kegiatan Seksi keamanan informasi dan persandian;
  2. mengumpulkan dan menganalisa data sebagai bahan koordinasi dan pembinaan operasional Seksi keamanan informasi dan persandian;
  3. menyiapkan data sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan Seksi keamanan informasi dan persandian;
  4. menyiapkan bahan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis pelaksanaan keamanan informasi dan persandian;
  5. melaksanakan monitoring trafik elektronik;
  6. melaksanakan layanan penanganan insiden keamanan informasi;
  7. melaksanakan layanan keamanan informasi pada sistem elektronik Pemerintah Daerah;
  8. melaksanakan audit teknologi informasi dan komunikasi;
  9. menyelenggarakan internet sehat, kreatif, inovatif dan produktif;
  10. melaksanakan layanan persandian dan telekomunikasi;
  11. menyiapkan data sebagai bahan pengkajian dan pengembangan sistem sandi (sissan);
  12. melaksanakan kegiatan penerimaan dan pengiriman berita sandi dan telekomunikasi serta berita antar pimpinan;
  13. melaksanakan kegiatan sterilisasi ruang dinas pimpinan;
  14. melaksanakan pemeliharaan, pengembangan dan pengamanan peralatan sandi (palsan);
  15. melaksanakan pencatatan, penyimpanan, pengamanan dan pendistribusian berita sandi dilingkungan Pemerintah Daerah;
  16. memfasilitasi usulan pemberian tanda penghargaan dibidang persandian;
  17. melaksanakan kegiatan pelayanan administrasi dibidang pelayanan sandi;
  18. melaksanakan pendataan hasil kerja dibidang pelayanan sandi;
  19. melaksanakan monitoring, evaluasi dan penyusun laporan pelaksanaan tugas Seksi keamanan informasi dan persandian; dan
  20. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan langsung sesuai tugas dan fungsinya;

 

Bidang E-goverment dan Statistik

 

Seksi Pengembangan Sumber Daya Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Seksi pengembangan sumber daya teknologi informasi dan komunikasi mempunyai tugas:

  1. menyusun rencana kegiatan Seksi pengembangan sumber daya teknologi informasi dan komunikasi;
  2. mengumpulkan dan mengalisa data sebagai bahan koordinasi dan pembinaan operasional Seksi pengembangan sumber daya teknologi informasi dan komunikasi;
  3. menyiapkan data sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan Seksi pengembangan sumber daya teknologi informasi dan komunikasi
  4. menyelenggarakan bahan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis pelaksanaan pengembangan sumber daya teknologi informasi dan komunikasi;
  5. menyelenggarakan layanan pemberdayaan dan penyediaan akses informasi bagi media dan lembaga komunikasi publik;
  6. menyelenggarakan layanan pengelolaan domain dan sub domain;
  7. melaksanakan penguatan kapasitas sumber daya komunikasi publik;
  8. melaksanakan pengembangan sumber daya teknologi informasi dan komunikasi pemerintah dan masyarakat;
  9. menyelenggarakan layanan peningkatan kapasitas aparatur dalam pengelolaan domain, portal dan website;
  10. menyelenggarakan layanan peningkatan kapasitas masyarakat dalam implementasi teknologi informasi dan komunikasi
  11. melaksanakan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas Seksi pengembangan sumber daya teknologi informasi dan komunikasi; dan
  12. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan langsung sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Seksi Penyelenggaraan E-Goverment

Seksi penyelenggaraan e-goverment mempunyai tugas:

  1. menyusun rencan kegiatan Seksi penyelenggaraan e-goverment;
  2. mengumpulkan dan menganalisa data sebagai bahan koordinasi dan pembinaan operasional Seksi penyelenggaraan e-goverment;
  3. menyiapkan data sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan Seksi penyelenggaraan e-goverment;
  4. menyiapkan bahan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis pelaksanaan ipenyelenggaraan e-goverment;
  5. melaksanakan layanan penetapan regulasi dan kebijakan terpadu implementasi e-goverment Daerah;
  6. melaksanakan layanan koordinasi dan kerjasama lintas organisasi perangkat Daerah, lintas Pemerintah Daerah dan lintas pemerintah pusat serta non pemerintah;
  7. melaksanakan layanan integrasi pengelolaan teknologi informasi dan komunikasi dan e-goverment Perangkat Daerah;
  8. melaksanakan layanan pengembangan business process reengineering pelayanan di lingkungan pemerintahan dan non pemerintahan;
  9. melaksanakan layanan sistem informasi smart city;
  10. melaksanakan layanan interaktif pemerintah dan masyarakat;
  11. melaksanakan layanan penyediaan sarana dan prasarana pengendalian smart city;
  12. melaksanakan layanan implementasi e-goverment dan smart city;
  13. melaksanakan promosi pemanfaatan layanan smart city di kabupaten;
  14. melaksanakan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas Seksi penyelenggaraan e-goverment; dan
  15. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan langsung sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Seksi data dan statistik mempunyai tugas :

  1. menyusun rencana kegiatan Seksi data dan statistik;
  2. mengumpulkan dan menganalisa data sebagai bahan koordinasi dan pembinaan operasional Seksi data dan statistik;
  3. menyiapkan data sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan Seksi data dan statistik;
  4. menyiapkan bahan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis pelaksanaan data dan statistik;
  5. melaksanakan pendataan hasil kerja data dan statistik;
  6. melaksanakan pengolahan data dan informasi;
  7. melaksanakan analisis data dan informasi;
  8. pelayanan teknis dan administrasi data dan statistik;
  9. monitoring dan evaluasi pelaksanaan tugas serta menyusun laporan kinerja sesuai dengan bidang tugasnya;
  10. melaksanakan kerjasama dengan lintas organisasi Perangkat Daerah, lintas pemerintah daerah dan lintas pemerintah pusat serta non pemerintah dalam pengelolaan data dan statistik;
  11. melaksanakan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas Seksi data dan statistik; dan
  12. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan langsung sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 


Bagikan:

Permintaan Informasi 766 Unduhan
Download Form »

Kotak Saran

Abdul 25 Feb 2016
Message User Image
Selamat untuk website barunya :) ...
bambang martono 04 Aug 2016
Message User Image
keterbukaan informasi publik.... jozZZ ...
ritma sandi 04 Aug 2016
Message User Image
semoga website PPID semakin bagus... ...
K.rosidah 05 Jul 2017
Message User Image
Apakah ada lowongan kerja bagi lulusan d4 kebidana ...
  • Kotak Saran 16 Dec 2017 Silahkan kirim saran

Link

Website Resmi Trenggalek
http://trenggalekkab.go.id
Transparansi Anggaran
http://trenggalekkab.go.id/transparansi/transparansi1.htm
LPSE Trenggalek
http://lpse.trenggalekkab.go.id/eproc/
SIRUP Trenggalek
https://sirup.lkpp.go.id/sirup/rekapKldi/D192
Humas & Protokol Trenggalek
http://humassetda.trenggalekkab.go.id/